Bagaimana Dara O’Kearney Menyesuaikan Game Theory Optimal dengan Poker

Bagi banyak orang, mempelajari teori permainan optimal (Game Theory Optimal GTO) dan menggunakan pemecah adalah pengalaman yang menakjubkan. Mereka telah bermain poker satu cara untuk waktu yang lama kemudian tiba-tiba disajikan dengan cara bermain yang baru dan berlawanan dengan intuisi. Hal ini dapat mengakibatkan resistensi, terutama jika pemain yang bersangkutan telah sukses dengan gaya eksploitatif sebelumnya.

Pelajaran akhirnya menjadi heuristik tentang cara bermain

Bagi saya, menemukan teknologi pemecah lebih merupakan kasus mengkonfirmasi kecurigaan yang telah saya kembangkan selama beberapa tahun sebagai pemain poker profesional. Saya belajar poker seperti yang dilakukan semua orang pada hari itu, yang merupakan coba-coba. Saya akan melihat apa yang berhasil dan apa yang tidak, dan pelajaran akhirnya menjadi heuristik tentang cara bermain.

Pertama kali menemukan GTO
Firasat pertama yang saya miliki bahwa teori permainan dapat diterapkan pada poker adalah setelah saya membaca Harrington On Hold’em. Ada kalimat yang benar-benar melompat ke saya di mana Dan Harrington berbicara tentang mendorong sebagai gertakan. Dia mengatakan bahwa jika Anda menambahkan 33% ke tumpukan Anda saat dorongan berhasil, dan jika Anda memiliki ekuitas rata-rata 33% saat dipanggil, Anda hanya perlu dorongan untuk bekerja 33% dari waktu untuk menjadi menguntungkan. Saya melihat kalimat itu dan menyadari bahwa Anda dapat menentukan tangan mana yang menguntungkan untuk didorong.

Saya bekerja dengan kalkulator ekuitas dan spreadsheet, dan membuat rentang push/fold menggunakan trial and error. Butuh waktu enam bulan dan benar-benar tidak berguna ketika ICMIZER keluar.

Pelanggan tetap mulai menyadari bahwa saya mendorong lebih lebar dari biasanya

Saya mempelajari lembar ini ketika saya menjadi penggiling Sit and Go dan itu bekerja dengan sangat baik untuk sementara waktu, tetapi kemudian para pelanggan tetap mulai memperhatikan bahwa saya mendorong lebih lebar dari biasanya, jadi mereka menyesuaikan dengan memperluas rentang panggilan mereka terhadap saya. Saya kembali ke spreadsheet, mengutak-atik rentang, dan membuat rentang dorong yang lebih ketat dan disesuaikan berdasarkan rentang panggilan baru mereka. Mereka menyesuaikan lagi dengan mengencangkan ke arah saya, jadi saya menyesuaikan dengan memperlebar jangkauan saya lagi.

Beberapa iterasi lagi mengikuti dan saya memiliki momen eureka di mana saya menyadari bahwa kami mencapai keseimbangan, yang berarti bahwa kami akan tiba di tempat di mana tak satu pun dari kami akan menyimpang dari strategi kami sendiri meskipun mengetahui jangkauan masing-masing. Segera itu akan menjadi kasus jika saya mendorong lebih lebar saya akan kehilangan uang, jika mereka memanggil lebih lebar mereka akan kehilangan uang, dan seterusnya.

Ini mengirim saya ke lubang kelinci di mana saya mulai belajar tentang teori permainan dan bagaimana itu diterapkan pada poker.

Menerapkan teori
Sekitar waktu ini saya menghancurkan adegan poker langsung di Irlandia bersama Dermot Blain dan Jason Tompkins. Selama beberapa tahun, tidak ada meja final yang layak, satu atau lebih dari kami tidak hadir. Dalam beberapa kasus, beberapa dari kami berada di meja final yang sama. Kami bertiga memiliki keunggulan seperti itu, kami memperkirakan kami semua memiliki pengembalian investasi langsung sebesar 300%.

Hanya ketika saya mulai bermain di luar negeri di acara European Poker Tour (EPT) saya menghadapi pemain yang saya tidak tahu cara bermainnya. Mereka jauh lebih baik dari saya. Saya tidak bisa membaca sama sekali atau mencari cara untuk mengeksploitasinya. Saya pikir saya tidak bisa bersaing dengan mereka, tetapi saya ingat prinsip dasar teori permainan adalah mengembangkan gaya yang tidak dapat dieksploitasi. Tidak masalah apa yang mereka lakukan, jika Anda tidak dapat dieksploitasi, mereka tidak dapat mengalahkan Anda.

Pertama kali saya menghadapi overbet dalam karir saya

Saya pikir tangan terpenting yang pernah saya mainkan dalam karir saya terjadi selama periode ini di EPT Berlin melawan legenda online Randy ‘Nanonoko’ Lew. Itu dilipat ke saya di cutoff dan saya buka dengan A8o. Nanonoko menyebut Big Blind; dia menutupiku. Kegagalan datang 8-3-2 dan dia memimpin sangat kecil, saya pikir “ini mudah” dan baru saja menelepon. Gilirannya 6 dan dia memimpin kecil, jadi saya menelepon lagi. Sungai adalah Q dan dia kemudian bertaruh tiga kali pot. Saya pikir “apa-apaan ini?” Ini seharusnya tidak terjadi, dia seharusnya memeriksa dan kemudian saya akan berpikir tentang bertaruh, atau dia akan bertaruh kecil dan saya akan menelepon lagi. Dari mana ini berasal? Ini mungkin pertama kalinya saya menghadapi overbet dalam karir saya.

Dalam pikiran saya, saya pikir dia ada di sana. Dia tahu saya memiliki tangan yang lemah dan dia bertaruh untuk melepaskan saya, jadi saya harus menelepon karena dia penuh omong kosong. Tapi kemudian saya pikir dia sedang melihat seorang lelaki tua yang belum pernah dia lihat sebelumnya dan kami tidak bisa melipat apa pun. Dia tahu saya punya sepasang dan dia bertaruh besar untuk mendapatkan nilai maksimal. Dua pemikiran yang saling bertentangan ini melintas di benak saya. Dia tahu tangan saya dan dia mencoba melepaskan saya, atau dia tahu tangan saya dan dia mencoba untuk mendapatkan nilai maksimal. Saya akhirnya melipat.

Pelajaran dari Nanonoko
Saya bertanya kepada semua pemain top yang saya tahu apa yang akan mereka lakukan dalam menghadapi overbet Nanonoko, setengah dari mereka mengatakan “itu Nanonoko, dia penuh dengan kotoran, Anda harus menelepon,” dan setengah lainnya mengatakan “Anda bahkan tidak bisa berpikir untuk menelepon; itu tiga kali pot. ” Itu tergantung pada apa yang orang pikirkan tentang Nano, bukan tangan.

Itu membuat saya berpikir; apa yang kita lakukan dalam skenario ini? Saya tahu kami tidak selalu bisa menelepon dan kami tidak bisa selalu melipat, karena kami akan dieksploitasi dengan cara apa pun. Jadi itu membuat saya berpikir tentang teori permainan dan saya mulai kembali ke prinsip pertama. Dia bertaruh tiga kali pot, jadi jika kita melipat empat perlima dari waktu, dia akan menang satu unit empat kali dan kalah tiga unit satu kali jika dia menggertak. Oleh karena itu saya harus menelepon 25% dari waktu (jika tidak, dia selalu dapat mendorong sebagai gertakan), jadi saya harus memutuskan tangan apa yang saya gunakan, serta apakah pemblokir ikut bermain.

Sejak saat itu, saya menyadari bahwa poker elit adalah tentang teori permainan. Saya melanjutkan dengan eksploitasi terhadap pemain yang lemah, tetapi untuk orang lain, saya terpaku untuk mempelajari bagaimana menjadi tidak dapat dieksploitasi. Saya harus mempelajari konsep seperti jenis jangkauan, cakupan papan, frekuensi pertahanan minimum, pemblokir, dan banyak lagi.

Kemudian datang pemecah masalah
Ketika para pemecah masalah tiba, saya sudah berada di sana. Saya adalah pengadopsi awal teknologi pemecah masalah. Ketika Kalkulator Sumber Daya Holdem keluar, saya tidak membutuhkan spreadsheet saya lagi. Ketika PIOsolver keluar, itu hanya mengkonfirmasi semua yang saya curigai dari mempelajari GTO.

Ini bukan untuk mengatakan saya tidak belajar dari pemecah masalah. Mereka telah merevolusi permainan saya dan saya terus kagum pada beberapa hal yang saya pelajari setiap hari dengan mereka. Mereka bahkan memberi saya kerangka kerja mengapa eksploitasi saya berhasil, khususnya ketika memikirkan tentang rentang dan pemblokir.

Tanpa pembacaan dan tanpa statistik, poker adalah tentang teori permainan

Bukan kebetulan bahwa upaya oleh banyak kamar poker online untuk melarang tampilan head-up (HUD) bertepatan dengan pertumbuhan teknologi pemecah. HUD adalah tentang poker eksploitatif karena menunjukkan kecenderungan lawan Anda. Tanpa membaca dan tanpa statistik, poker adalah tentang teori permainan. Reguler yang baik harus memainkan banyak tabel agar menguntungkan dan Anda tidak dapat memperhatikan 12 tabel sekaligus tanpa HUD, jadi pendekatan yang benar adalah bermain sedekat mungkin dengan gaya GTO.

GTO adalah titik awal untuk semua konten pelatihan yang baik akhir-akhir ini, bahkan jika konten itu kemudian sebagian besar tentang eksploitasi. GTO harus menjadi titik awal Anda untuk bermain melawan pemain yang tidak dikenal dan pemain yang sangat bagus.

You Might Also Like

Leave a Reply