Pemain Poker Terbaik adalah Berkepala Dingin, Intuitif, Tidak Terganggu, Dan Tanpa Henti

Seorang kritikus dari dunia poker dan Zen mungkin mengatakan bahwa keduanya berbagi faktor “mengisolasi diri dari kehidupan” (Anda mungkin hampir mengatakan faktor “melarikan diri dari kehidupan”). Sebuah ranah mental diambil dalam kedua kasus yang dapat digunakan untuk pelarian.

Dan ada sedikit keraguan bahwa salah satu, di tangan yang salah, dapat digunakan sebagai pelarian dari kehidupan nyata, kesengsaraan dan perubahannya. Keduanya berbagi semacam self-absorption—satu dilatih ke dalam, satu dilatih ke luar (meja-bangsal?).

Keduanya juga dapat dituduh menjaga emosi reguler dengan mencari tingkat imbalan psikis lain — poker secara eksternal, Zen secara internal (dengan mundur ke dalam). Kritikus seperti itu mungkin mengatakan poker tidak bisa lagi melihat cahaya bulan; Zen hanya melihat cahaya bulan.

Perjudian itu sendiri, sebagai suatu kegiatan, bisa menjadi sensasi—seringkali sensasi yang lebih dalam daripada yang pernah dialami banyak orang yang bukan penjudi. Meskipun mendebarkan, bagaimanapun, dalam banyak hal itu masih cukup satu dimensi sebagai suatu kegiatan. Secara keseluruhan, itu tidak memiliki kekayaan dan nuansa kehidupan yang lebih besar (yaitu, kehidupan di luar perjudian).
Dalam hal ini, untuk mencapai Zen poker yang sebenarnya, mungkin perlu untuk mencapai semacam keseimbangan keseluruhan dalam kehidupan kita yang lebih besar. Sedikit yang diperoleh jika kita sampai pada Zen poker yang sebenarnya, sementara sisa hidup kita berantakan. (Dan ada pemain seperti ini.) Akhirnya, sesuatu akan mulai hancur dalam permainan poker kami juga.

Bahaya lain dari poker adalah jenis satu dimensi. Terowongan fokus semacam itu diperlukan untuk mempertahankan keunggulan seseorang sehingga terowongan ini dapat mulai menjauhkan hal-hal lain (atau semuanya). Menjadi “dalam tindakan” menjadi yang terpenting. Mainkan idn poker yang cukup dan menjadi mungkin untuk berjalan melalui hari yang cerah benar-benar buta, bahkan tanpa melihatnya. Mata kita melihat—tetapi tidak lagi melihat—matahari terbenam. Hari musim semi. Hari musim gugur. Sebuah adegan musim dingin. Ini adalah hal-hal yang Anda lewati dalam perjalanan ke ruang poker—hal-hal yang hanya “ke samping”, tidak lebih nyata daripada seolah-olah diproyeksikan di layar film. (Dua tanda dari kondisi ini: waktu berlalu—seringkali dalam jumlah besar—poker sangat menyita waktu; dan ketidakmampuan yang semakin besar untuk mengatasi kehidupan nyata atau sehari-hari—perasaan ditinggalkan dari hal-hal biasa yang melibatkan orang lain..)

Pemain poker terbaik—pemain kelas dunia terbaik saat mereka beraksi—adalah seperti mesin. Mereka berkepala dingin, intuitif, tenang, tidak terganggu, dan tanpa henti. Sementara telah mencapai puncak seni tinggi ini, ada bahaya hal-hal lain yang tertinggal. Jelas, keadaan seperti itu mengandung risiko bertentangan, pada titik tertentu, terhadap kehidupan itu sendiri. Jika kita bermain terus menerus, siang dan malam, dan sebagai hasilnya akhirnya mencapai titik bagus ini dalam poker, ada kemungkinan bahwa kehidupan kita yang lebih besar mungkin rusak. Dan pada titik tertentu ini akan menyusul kita—dan permainan kita. Jalan yang lebih disarankan mungkin adalah mengupayakan keseimbangan seluruh hidup seseorang. Untuk alasan ini, dalam situasi tertentu, makna Zen dalam arti yang lebih besar dapat mengesampingkan Zen dalam arti yang lebih sempit.

Bagaimanapun, selalu baik untuk diingat bahwa ada dunia lain di luar sana di luar jendela ruang poker — alam dan cinta dan seni dan musik dan manusia, dunia burung pegar di ladang pada hari-hari musim gugur dan anak perempuan lulus dari perguruan tinggi dan wajah cerah pada anak-anak di taman bermain, dunia yang lebih luas, yang lebih bulat dan multidimensi daripada perjudian. Para pemain poker terbaik, dalam kebijaksanaan mereka, juga mengetahui kebenaran ini.

You Might Also Like

Leave a Reply